Mengenal Apa Itu COD Dalam Dunia Jual Beli Online

Mengenal Apa Itu COD Dalam Dunia Jual Beli Online : Cash on Delivery atau COD adalah salah satu fasilitas pembayaran yang biasanya ditawarkan oleh penjual online.

Cash on Delivery atau COD


Mengenal Apa Itu COD Dalam Dunia Jual Beli Online

Cara ini biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang kurang nyaman dengan sistem pembayaran dengan transfer uang. Sayangnya memang tidak semua toko online menyediakan layanan ini, karena keterbatasan tenaga di daerah tertentu. Sehingga hanya di daerah perkotaan saja yang bisa dilayani fasilitas COD ini.
Baca Juga : Tips Aman Belanja Online

Keuntungan sistem COD bagi pembeli

Sistem pembayaran COD pada dasarnya masih menerapkan cara tradisional. Antara pembeli dan penjual akan bertemu di suatu tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan konsumen ketika memanfaatkan sistem pembayaran ini. Apalagi kalau barang yang dibeli merupakan barang bekas. Apa saja sebenarnya keuntungan bagi pembeli?
  •  Anda bisa mencermati produk yang akan dibeli sebelum membayarnya.
  • Tidak perlu keluar rumah, seperti transfer pembayaran melalui ATM.
  • Hemat waktu dan ongkos transportasi.
  • Lebih aman dan nyaman, serta terhindar dari risiko penipuan. Tapi sebaiknya transaksi ditemani dengan orang lain atau berada di tempat yang ramai. Agar tindak kejahatan lainnya juga bisa dihindari, seperti perampokan, pemerasan dan lain sebagainya. Jangan mudah terbuai dengan penawaran harga barang terlalu murah. Karena bisa jadi itu adalah modus penipuan.
Sebelum membeli barang apapun melalui situs online wajib diperhatikan kredibilitas penjual. Jangan sampai salah memilih tempat belanja, karena kejahatan di dunia maya juga berkembang. Meskipun sistem pembayaran ini cenderung aman dan praktis tetap harus dilakukan dengan waspada. Inilah setidaknya keuntungan dalam menerapkan metode Cash on Delivery.

Perhatikan biaya COD

Biasanya toko online akan memberikan biaya tambahan khusus atau pesanan minimal, agar bisa menikmati layanan COD. Oleh karenanya sangat wajib bagi semua calon konsumen untuk memperhatikan ketentuan di setiap gerai online yang bisa saja berbeda-beda. Ketahui juga daerah mana saja yang terjangkau layanan COD tersebut. Karena biasanya tidak semua wilayah bisa tersentuh fasilitas ini. Semakin besar toko online tempat Anda berbelanja, biasanya semakin luas juga jangkauan layanan Cash on Delivery tersebut.