Tips Aman Belanja Online

Seiring kemajuan zaman yang semakin modern, saat ini internet sangat dibutuhkan dan bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok yang bagi sebagian orang tidak bisa ditinggalkan khususnya bagi masyarakat perkotaan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet ini mulai dari chatting dimedia social seperti facebook dan twitter, nonton video streaming, mencari tugas, membaca berita, mengirim dan menerima e-mail. Selain itu dengan semakin mudahnya orang dalam mengakses internet jual beli online pun saat ini sedang menjadi tren. Belanja online banyak disukai dan digemari oleh pengguna internet karena lebih bebas memilih barang atau produk yang diinginkan dan dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

Tips Aman Belanja Online


Tips Aman Belanja Online

Walaupun belanja online merupakan hal sudah lazim yang dilakukan oleh pengguna internet saat ini, masih ada sebagian orang yang masih takut dengan berbelanja secara online. Terlebih transaksi online rawan penipuan. Ada beberapa alasan yang membuat sebagian orang merasa takut atau kurang percaya dengan belanja secara online seperti takut barang tidak dikirim, takut barang tidak sesuai dengan pesanan, takut barang tidak berkualitas, dan berbagai alasan lainnya.

Nah bagi anda yang ragu-ragu atau takut berbelanja online sebaiknya anda membaca beberapa tips aman belanja online agar anda terhindar dari penipuan.


1. Gunakan Toko Online Terpercaya

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam berbelanja online yaitu pilihlah online shop atau toko online yang terpercaya. Ada banyak online shop yang sudah terbukti terjamin keamanannya. Cara yang mudah untuk mencari tahu apakah toko online terpercaya atau tidak adalah dengan menggunakan online shop yang sudah terkenal biasanya sering beriklan di televisi, seperti tokopedia, bukalapak atau lazada.


2. Gunakan Rekening Bersama ( Escrow Service )

Rekening bersama ( rekber ) atau Escrow Service adalah metode jual beli online yang menggunakna perantara dalam melakukan transaksi secara online. Rekber berperan sebagai pihak yang mengenengahi antara pembeli dan penjual. Pada umumnya pembeli setelah memesan barang dan sepakat dengan harga yang ditetapkan, pembeli langsung mentransfer uang ke penjual atau seller. Nah, dengan mengunakan jasa rekber pembeli tidak langsung mentransfer ke penjual, tapi mentransfer ke pihak rekber dan jika barang sudah diterima dan dicek oleh pembeli, pembeli mengkonfirmasi ke pihak rekber bahwa barang pesanan sudah diterima. Barulah pihak rekber mentransfer uang tersebut ke penjual. 


3. Bertanya Secara Detail ke Penjual

Jangan malu untuk banyak bertanya ke penjual tentang produk yang ingin anda beli. Anda bisa mengajukan berbagai pertanyaan ke penjual mulai dari harga barang, warna, hingga ukuran barang yang akan dibeli. Bahkan anda juga dianjurkan untuk meminta kepada penjual agar menunjukan bukti kalau toko onlinenya bisa dipercaya/bukan penipu.


4. Minta Data Penjual

Yang tidak kalah penting dalam belanja online adalah mengetahui data penjual. Hal inilah biasanya sering dilupakan oleh calon pembeli ketika berbelanja secara online, pembeli atau customer berhak untuk meminta data tentang penjual seperti nama, alamat, nomor hp, dll. Bahkan pembeli juga berhak meminta seller untuk mengirimkan foto KTPnya.


5. Testimonial

Testimoni atau kesaksian pembeli yang sudah pernah belanja di online shop tersebut sangat perlu diperhatikan. Periksalah testimoni yang ada, siapa saja yang sudah berbelanja pada online shop tersebut. Pilihlah toko yang memiliki testimoni banyak serta memiliki reputasi bagus.


6. Periksa Nomor Rekening Penjual

Sebelum mentransfer biaya dan ongkos kirim barang periksalah nomer rekening penjual. Mungkin saja penjual yang penipu sudah pernah memakan korban sebelumnya. Biasanya pembeli yang pernah ditipu oleh online shop abal-abalan memposting nomer rekening si penipu di media sosial seperti facebook dan twiter atau bisa juga memposting di blog/website tertentu.

Untuk memastikan anda terhindar dari penjual penipu, ketikan nomor rekening si penjual di kotak pencarian google dan amati apa saja yang muncul. Apabila ada postingan yang menyebutkan nomer rekening tersebut pernah menipu, sudah pasti pemilik nomor rekening tersebut penipu.


7. Mintalah COD

Nah ini yang menurut saya paling aman. COD atau Cash On Delivery adalah sebuah metode dalam transaksi jual beli secara online yaitu antara si penjual dan pembeli bertemu langsung dalam melakukan transaksi. Selain paling aman, kelebihan lainnya adalah kita sebagai pembeli dapat melihat secara langsung produk yang akan dibeli, jika barangnya sesuai dengan pesanan maka kita bisa langsung membelinya tetapi jika barang tidak sesuai dengan gambar yang diiklankan oleh penjual  maka pembeli bisa langsung membatalkan jual belinya.

Itulah beberapa tips aman berbelanja online. Tetapi dalam jual beli online ada baiknya anda tetap waspada, karena sekarang modus yang dilakukan penipu semakin canggih.

0 Response to "Tips Aman Belanja Online"

Posting Komentar