Cara Menghemat Kuota Unlimited Indosat Biar Penggunaannya Lebih Awet dan Lancar

Berselancar di dunia maya sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, aktif di media sosial, blogging, hingga bisnis online store membutuhkan jaringan internet atau persediaan data internet yang tidak sedikit. Tak heran, banyak orang memilih menggunakan kuota unlimited dari provider terpercaya termasuk Indosat. Menariknya, Anda bisa menerapkan cara menghemat kuota unlimited Indosat biar browsing tetap lancar. Lebih lanjut, akan dibahas triknya dalam artikel ini.

Cara Menghemat Kuota Unlimited Indosat Biar Penggunaannya Lebih Awet dan Lancar

Kenapa kuota unlimited Indosat cepat habis?

Meski dikatakan sebagai paket internet unlimited Indosat, kenyataannya provider ini menerapkan sistem FUP atau batasan pemakaian internet pengguna harian. Apabila sudah mencapai FUP, maka kuota unlimited hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu. 

Selain itu, ketentuan paket unlimited Indosat harus memiliki kuota utama. Apabila kuota utama habis, maka akses ke aplikasi tertentu juga tidak akan berhasil. Pastikan Anda tahu cara mengecek kuota Indosat utamanya ya!

Cara menghemat kuota internet unlimited Indosat

Tanpa Anda sadari, pemakaian kuota utama unlimited Indosat tersedot oleh hal-hal yang tidak penting. Nah, biar lebih irit dan tidak menghabiskan kuota, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Mengubah fitur maps ke mode offline

Tips pertama untuk menghemat kuota unlimited Indosat Anda yaitu dengan mengubah fitur maps ke mode offline. Pasalnya, fitur maps memang menguras kuota internet dengan cepat dan tidak disadari oleh banyak pengguna. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk built in navigation, turn-by-turn directions, maupun melihat traffic secara real time.

Dengan mengubahnya ke  mode offline, dapat mengatasi borosnya kuota data Anda. Bagi pengguna android, caranya dengan sentuh search bar di atas aplikasi Maps, lalu pilih Save map to use offline. Sementara, bagi pengguna iPhone, cukup dengan mengubah mode ke flight mode.

Gunakan aplikasi Mailbox untuk keperluan email

Tanpa Anda sadari, penggunaan email sering membuat kuota internet cepat habis, terutama untuk kebutuhan mengunduh dan mengunggah file attachment.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, unduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang tersedia di platform android maupun iOS.

Pakai browser yang lebih efisien

Penggunaan browser atau peramban juga menyebabkan kuota internet terkuras habis, terutama browser default bawaan smartphone Anda. Untuk mengatasinya, pakai browser yang lebih efisien yaitu Opera Mini. Selain itu, Google Chrome juga efisien, namun dengan menerapkan pengaturan khusus.

Nonaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak perlu

Sinkronisasi otomatis sering membuat kuota internet tersedot. Untuk mengatasinya, matikan sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang tidak perlu atau jarang  Anda gunakan.

Caranya, buka menu Setting – Account – pilih akun yang tidak perlu sinkronisasi. Dengan demikian, penggunaan kuota akan jauh lebih hemat.

Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan fitur pengingatnya

Biasanya, banyak orang terlalu asyik menggunakan gadget, tanpa menyadari penggunaannya yang terlampau wajar. 

Jika Anda ingin menghemat kuota unlimited Indosat, sebaiknya gunakan fitur data usage warning dan limit system yang sudah ada pada platform android. Dengan begitu, saat pemakaian kuota internet melebihi batas, Anda akan mendapatkan peringatan.

Sebelum menyelesaikan artikel ini, ada info menarik mengenai cara kreatif menghasilkan uang, bagaimana caranya?

Begini, Anda bisa langsung menghubungi contact Family Pulsa, dan daftar diri Anda jadi salah satu agen pulsa dan data, maka Anda bisa mulai menghasilkan uang dengan cara berjualan pulsa dan data.

Jangan bingung, karena Family Pulsa akan memberikan Anda petunjuk dan kiat-kiat berjualan pulsa yang baik dan menguntungkan.

Nah, itulah beberapa cara menghemat kuota unlimited Indosat. Selain lima cara di atas, waspadai juga penggunaan data pada aplikasi tertentu dan pengaturan update aplikasi ya!