Cara Menghemat Kuota Indosat di HP Oppo Biar Lebih Efisien Penggunaannya

FamilyPulsaNusantara.com - Selama Work From Home (WFH), kebutuhan internet menjadi sangat penting dan harus terpenuhi. Beruntungnya, Oppo Indonesia, cepat tanggap dalam menjawab kebutuhan masyarakat dengan membagikan tips atau cara menghemat kuota Indosat di HP Oppo biar tetap produktif selama bekerja, namun efisien dalam penggunaan data internet.

Family Pulsa Murah, Cara Menghemat Kuota Indosat di HP Oppo Biar Lebih Efisien Penggunaannya

Berdasarkan data Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 pada tahun 2020, BPS menyatakan bahwa penggunaan internet naik selama kebijakan WFH berlaku. Adapun, banyaknya responden yang mengaku kebutuhan internetnya naik selama WHF yaitu sebesar 55,6%.

Beberapa penyebab kuota cepat habis di HP Oppo pada berbagai provider termasuk Indosat yaitu penggunaan yang tidak terkendali, sering mengunduh aplikasi, game, video, foto, hingga pembaruan otomatis.

Pihak Oppo pun memberikan saran cara hemat kuota di HP Oppo bagi pengguna provider Indosat dan lainnya dengan mengaktifkan fitur penghemat data di ponsel, terutama bagi pengguna perangkat Reno4 F. Lebih jelasnya, simak penjabarannya berikut ini.

Aktifkan fitur penghemat data seluler

Nah, untuk mengaktifkan fitur penghemat data seluler, silakan ikuti cara mengatur penggunaan data di HP Oppo berikut.

  1. Buka menu Setting;
  2. Pilih SIM Card and Mobile Data;
  3. Pilih Data Usage;
  4. Klik Mobile Data Limit.

Silakan atur batasan penggunaan data seluler setiap bulan dan aktifkan fitur notifikasinya. Apabila pemakaian data hampir mendekati batasan tersebut, maka akan muncul notifikasinya.

Aktifkan mode hemat daya (data saving)

Selain mengatur penggunaan data, Anda juga bisa mengaktifkan mode hemat daya untuk menambah batasan penggunaan data seluler di ponsel.

Saat fitur data savings ini aktif, maka aplikasi yang bekerja di latar belakang seperti email, pesan instan, dan media sosial tidak akan terhubung ke internet. Sementara, aplikasi di latar depan bisa tetap aktif dengan keleluasaan untuk mengatur sejumlah hal seperti resolusi gambar.

Kelemahan cara ini, pengguna ponsel Oppo tidak bisa berbagi internet dengan perangkat lain.

Mematikan fitur pembaruan otomatis

Fitur pembaruan otomatis dapat memakan banyak kuota internet harian Anda. Selain itu, performa ponsel juga berkurang karena pembaruan ini memakan ruangan penyimpanan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya matikan fitur pembaruan otomatis pada HP Oppo Anda untuk menghemat kuota Indosat maupun kuota lainnya.

Jika tetap ingin melakukan pembaruan, Anda bisa tetap mengaktifkan fitur tersebut, namun melalui jaringan wifi saja.

Kurangi bermain game online

Bermain game online menjadi salah satu hiburan saat jenuh bekerja di rumah. Namun, jika terlalu sering dan terlalu lama bermain game online juga tidak baik. Apalagi bagi Anda yang berkomitmen untuk menghemat penggunaan kuota data.

Matikan GPS

Dengan mengaktifkan fitur GPS, pengguna dapat mencari alamat atau titik lokasi yang tidak dikenal sekalipun dengan mudah. Namun, jika Anda tidak mematikan fitur tersebut setelah digunakan, maka akan menyedot kuota data internet Indosat Anda secara terus menerus. Oleh karena itu, segera matikan jika sampai di alamat tujuan ya!

Gunakan browser yang efisien

Browser sangat penting untuk keperluan mencari informasi atau menjelajah internet. Namun, ada browser tertentu yang menyebabkan pemakaian kuota menjadi boros seperti browser bawaan dari ponsel.

Beberapa referensi aplikasi browser hemat kuota yaitu UC Mini, Opera Mini, Puffin Browser, Google Chrome, dan sebagainya.

Oh ya, ada info menarik sebelum mengakhiri artikel ini, jika Anda suka ingin menghasilkan uang lebih, silakan bergabung dengan Family Pulsa, selengkapnya di halaman cara pendaftaran.

Nah, itulah beberapa cara menghemat kuota Indosat di HP Oppo. Cara di atas juga bisa Anda terapkan pada merk smartphone lain maupun provider internet lain. Selamat mencoba!