6 Tips Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon

6 Tips Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon yang bisa Anda gunakan bilamana memusingkan kepala Anda dengan memikirkan tagihan yang satu ini. Memang layanan telekomunikasi ini merupakan layanan yang termasuk pokok entah di rumah atau kantor maupun perusahaan. Banyak orang sebagai pemakai jasa layanan telekumonikasi kurang menyadari tentang efektifitas dan efisiensi dalam hal pemakaian, terlebih bagi mereka yang membuka bidang usaha dan bisnis, tentu tagihan telepon ini akan menjadi pengeluaran rutin yang harus terbayarkan. Dan apabila pemakaiannya tidak diperhitungkan, maka dipastikan biaya tagihan pun akan membengkak.

6 Tips Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon

Kita ambil suatu contoh apabila Anda adalah seorang Pengusaha atau Pebisnis online, penghematan keuangan adalah hal yang paling penting selain dapat menghemat keuangan perusahaan, penghematan keuangan juga dapat membuat perusahaan lebih sehat dan dapat terus berkembang dan maju.

Baca Juga : Cara Mudah Cek dan Bayar Tagihan Telkom Indihome Lewat HP

Dalam penghematan keuangan, salah satu biaya yang paling sering dikeluarkan adalah untuk komunikasi atau bertelepon. Karena telepon selalu dipakai hampir setiap hari untuk memudahkan urusan perusahaan. Lalu bagaimanakah cara menghemat keuangan dari sisi telepon?.

Berikut akan kita uraian bersama, 6 Tips Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon, yaitu :

#1. Tentukan Budget Telepon Rumah Atau Perusahaan Anda

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah memasang target pengeluaran biaya telepon. Karena dengan ini pengeluaran biaya akan lebih terencana sehingga Anda dapat menghemat biaya pengeluaran pribadi ataupun perusahaan.

#2. Pakailah Sesuai Dengan Kebutuhan

Gunakan telepon untuk hal yang penting-penting saja. Kalau memang bertelepon dengan klien yang membicarakan hal yang sederhana, Anda dapat menggunakan sistem email yang tanpa mengeluarkan pulsa untuk bertelepon. Pastikan Anda menggunakan telepon yang sesuai dengan kebutuhan tanpa mengesampingkan keperluan Anda.

#3. Pasang Pembatasan Waktu

Agar tagihan telepon tidak melonjak tajam dan membengkak, Anda dapat membatasi waktu telepon. Misalnya dalam 10 atau 15 menit, telepon otomatis akan mati. Cara ini cukup efektif dalam menghemat keuangan pribadi atau perusahaan Anda.

#4. Cek Tagihan Anda

Cara ini penting untuk dilakukan pribadi atau perusahaan, karena dengan cara ini akan tahu telepon dipakai untuk telepon siapa dan kemana saja. Dengan cara ini pula Anda dapat melihat karyawan yang suka memakai fasilitas perusahaan berlebihan atau untuk keperluan pribadi.

#5. Gunakan Sistem Atau Alat PABX (Private Automatic Branch Exchange)

Langkah ini merupakan alternatif yang praktis dengan menggunakan PABX untuk telepon antar sesama karyawan di suatu kantor atau perusahaan. Selain menghemat biaya pengeluaran, penggunaan PABX dapat menghemat waktu dan lebih memudahkan kantor dalam berkomunikasi. Alat PABX atau yang biasa disebut juga dengan switchboard adalah sebuah sistem telepon yang digunakan sebagai sistem internal di kantor atau perusahaan.

Cara kerja PABX sesungguhnya sebagai modem yang berfungsi untuk kontrol stasiun pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan dirounting atau diarahkan melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukkan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan langsung ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Cek & Bayar Tagihan Listrik PLN Pascabayar Lewat HP

#6. Mengunci Telepon Dengan Menggunakan Password

Mengunci telepon dengan menggunakan password adalah cara terakhir yang lebih ekstrim dalam mengurangi tagihan telepon. Anda bisa menggunakan dengan kode nomor atau pasword untuk mengunci telepon anda. Usahakan kode nomor ini hanya anda saja yang mengetahui, bisa juga menguncinya secara fisik yaitu dengan menggembok telepon rumah atau perusahaan Anda, supaya si Pemakai tidak dapat menekan tombol teleponnya. Beritahukan kepada anggota keluarga bilamana ada kepentingan mendesak dan serius dengan menggunakan layanan telepon untuk segera meminta kunci dan membuka password kepada Anda.

Demikian tadi 6 Tips Untuk Menghemat Biaya Tagihan Telepon yang bisa Anda gunakan agar telepon rumah atau perusahaan lebih efektif dan efisien. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol penggunaan telepon yang anda miliki, sehingga nantinya untuk tagihannya bisa berkurang, dan tentunya pengeluaran keuangan lebih terkontrol. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.