5 Rahasia Sukses Bangsa Jepang

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jepang adalah salah satu negara maju di Asia bahkan di dunia, Ya Jepang pasca dibomnya Hirosima dan Nagasaki menjelma menjadi negara yang menguasai perekonomian dunia. Lihatlah di sekitar kita mulai dari mobil, motor hingga handphone rata-rata made in Japan. Sebenarnya Jepang bisa menjadi seperti sekarang adalah karena Jepang memiliki rakyat yang luar biasa dalam bekerja. Nah, lalu apa saja Rahasia sukses Bangsa Jepang. Simak ulasan berikut ini.

5 Rahasia Sukses Bangsa Jepang


Berikut adalah 5 Rahasia Sukses Bangsa Jepang. Check it out!

 #1. Kerja Keras

Sudah dikenal sejak lama bahwa Jepang adalah bangsa pekerja keras. Itu bisa terlihat dari statistik bahwa rata-rata jam kerja para pekerja di Jepang adalah 2450 jam pertahun, lebih tinggi dibandingkan dengan Amerika yang memiliki rata-rata jam kerja 1957 jam pertahun, Inggris 1911 jam pertahun, Jerman 1870 jam pertahun, dan Perancis 1680 jam pertahun. Seorang pekerja perusahaan di Jepang bisa memproduksi sebuah mobil dalam waktu 9 hari, Lebih cepat bila dibandingkan negara lain yang membutuhkan 47 hari untuk memproduksi sebuah mobil yang sama. Dasyatnya, seorang pekerja Jepang dapat melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Saking pekerja keras, bagi orang Jepang pulang cepat merupakan suatu yang boleh dikatakan cukup memalukan di Jepang, dan menandakan bahwa pekerja yang pulang cepat termasuk pekerja yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan Jepang.

 #2. Malu

Malu merupakan budaya leluhur dan diturunkan dari generasi ke generasi bangsa Jepang. Budaya malu masyarakat jepang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi masyarakat Jepang, mereka akan malu bila melakukan hal-hal yang melanggar peraturan dan norma yang berlaku. Sehingga tidak heran karena budaya malu ini dalam masyarakat Jepang ada yang dinamakan Harakiri (bunuh diri dengan menghunuskan pedang ke perut) menjadi sebuah kebiasaan sejak zaman samurai, yaitu saat mereka kalah dalam peperangan. Ketika zaman sudah modern seperti sekarang ini, fenomena Harakiri sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat negara ketika melanggar hukum dan norma seperti terlibat korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya.

 #3. Inovasi

Meskipun Jepang bukan bangsa penemu, namun bangsa Jepang memiliki suatu keunggulan dalam meramu penemuan orang lain menjadi lebih berharga. Ya masyarakat jepang merupakan bangsa yang terkenal selalu berinovasi terhadap penemuan yang telah ada. dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Sebagai contoh jepang bukanlah penemu bahkan bukan pencipta teknik perakitan kendaraan roda empat, patennya dimiliki oleh Amerika. Tetapi Jepang dengan kelebihan dalam beriinovasi bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan secara lebih cepat dan murah. Lihat saja bagaimana Jepang menguasai Otomotif dunia hingga saat ini.

 #4. Pantang Menyerah

Sejarah telah membuktikan bahwa Jepang adalah bangsa yang pantang menyerah. Kalau kita membaca sejarah bagaimana tertinggalnya Jepang di berbagai bidang termasuk teknologi di masa kekaisaran Tokugawa karena tertutup pada dunia luar, namun ketika restorasi Meiji datang, bangsa Jepang cepat berubah pesat dan menjadi fast-learner. Kemiskinan akan sumber daya alam juga tidak membuat Jepang menyerah pada saat itu. Bahkan bencana yang terus menerus yang terjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom Hiroshima Nagasaki , kemudian di susul dengan kekalahan perang, dan semakin sulit dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo. Ternyata Jepang tidak hancur. Dalam beberapa tahun kemudian Jepang sudah berhasil membangun industri otomotif yang tumbuh dengan pesat sehingga Jepang saat ini termasuk bangsa yang maju dalam berbagai bidang. Semua itu tidak akan terjadi kalau Jepang menyerah pada keadaan.

 #5. Menjaga Tradisi

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi, tidak serta merta membuat bangsa Jepang meninggalkan tradisi dan budayanya. Contoh, budaya perempuan yang telah menikah untuk tidak bekerja masih ada sampai saat ini.

Minta maaf juga masih menjadi budaya yang dilestarikan hingga saat ini. Bahkan saking tingginya orang jepang dalam menjaga tradisinya, hingga kini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” ketika ada orang yang meminta bantuan. Itulah bukti bahwa bangsa Jepang sangat menjaga tradisi mereka meski zaman telah berubah mereka tidak meninggalkan budaya leluhurnya.

Nah, Itulah 5 rahasia Sukses Bangsa Jepang. Sebenarnya masih banyak rahasia sukses orang Jepang lainnya, tetapi mungkin akan kami bahas pada kesempatan lain. Semoga kita bisa meniru sesuatu yang baik dari masyarakat Jepang tersebut.

0 Response to "5 Rahasia Sukses Bangsa Jepang"

Posting Komentar