Meningkatkan Hasil Penjualan Bakso Keliling

Meningkatkan Hasil Penjualan Bakso Keliling - Bakso merupakan makanan favorit yang paling disukai oleh kalangan banyak orang. Telah banyak kita temukan aneka makanan di berbagai daerah seputar bakso. Bakso memiliki rasa yang tak kalah enaknya dengan makanan yang lainnya. Bakso memiliki rasa yang khas untuk pemikat orang bagi siapapun yang memakan nya.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bakso sendiri memang merupakan makanan yang populer yang sudah sangat dikenal oleh hampir setiap kalangan manusia, entah itu diluar negeri maupun di dalam negeri. Khususnya di tanah air ini, maka dari itu bakso merupakan makanan yang sangat dicari bahkan diminati hingga saat ini oleh banyak kalangan.

Biasanya anak muda sekarang memang merupakan konsumen utama dari masakan kuliner atau makanan seperti bakso, hal tersebut juga berlaku bagi seluruh pelosok tanah air ini. Diliht dari peminatnya sebenarnya ini kesempatan yang baik bagi anda untuk melakukan bisnis kuliner bakso. ini merupakan peluang usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Namun tidak pula semua kalangan dapat menjalankan bisnis usaha kuliner bakso ini. Mengingat bahwa bisnis kuliner bakso harus dapat membuat bakso dengan rasa yang enak dan luar biasa. Dan tentunya hal ini harus dilakukan oleh orang yang telah berprofesional atau memiliki skill dalam bidang nya.

Biasanya anak muda sekarang memang merupakan konsumen utama dari masakan kuliner atau makanan seperti bakso, hal tersebut juga berlaku bagi seluruh pelosok tanah air ini. Dilihat dari peminatnya sebenarnya ini kesempatan yang baik bagi anda untuk melakukan bisnis kuliner bakso. ini merupakan peluang usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Namun tidak pula semua kalangan dapat menjalankan bisnis usaha kuliner bakso ini. Mengingat bahwa bisnis kuliner bakso harus dapat membuat bakso dengan rasa yang enak dan luar biasa. Dan tentunya hal ini harus dilakukan oleh orang yang telah profesional atau memiliki skill dalam bidang nya.

Untuk anda yang tertarik dalam bisnis kuliner bakso tersebut tentunya anda harus mempelajari berbagai macam tips dan juga cara untuk membuat bakso agar terasa enak dan lezat. Selain itu, untuk dapat membangun usaha kuliner bakso tersebut anda juga membutuhkan modal sebagai awal membuka usaha pertama anda. Modal awal yang cukup tinggi yakni hampir mencapai 20 jutaan, maka dari itulah anda perlu merencanakan agar bisnis kuliner anda berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah anda buat sebelum nya.

Meningkatkan Hasil Penjualan Bakso Keliling


Setelah anda mengetahui tingkat peluang usaha bisnis kuliner bakso. Tentunya anda juga dapat mengetahui analisis hingga estimasi biaya atau rincian modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis kuliner bakso tersebut. Walaupun bisnis kuliner bakso ini menggunakan gerobak, namun dapat dipastikan bahwa modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena usaha kuliner bakso tidak bisa menggunakan modal yang sedikit.

A. Investasi Modal Awal :

  1. Gerobak atau etalase – Rp 1.500.000
  2. Alat masak – Rp 750.000
  3. Meja & kursi – Rp 500.000
  4. Peralatan makan – Rp 350.000
  5. Lain-lain – Rp 200.000

Total investasi yang dibutuhkan Rp 3.300.000

B. Biaya Operasional Untuk 1 Bulan

– Biaya Tetap :

  • Penyusutan peralatan untuk makan (1×14) x Rp 350.000 = Rp 25.000
  • Penyusutan meja dan kursi (1×30) x 500.000 = Rp 15.000
  • Penyusutan alat masak (1×40) x 750.000 = Rp 18. 750
  • Penyusutan gerobak (1×40) x 1.500.000 = Rp 37.500
  • Penyusutan lain-lain (1×10) x 200.000 = Rp 20.000
  • Total penyusutan tetap = Rp116.250

– Biaya tetap lainnya :

  • Sewa tempat – Rp 1.000.000
  • Listrik, air, dan kebersihan – Rp 500.000
  • Daging sapi ( 5 kg x 100.000/kg x 30 hari) – Rp 15.000.000
  • Mie ( 5 kg x Rp 5.000/kg x 30 hari ) – Rp 750.000
  • Bumbu dan sayuran (50.000/hari x 30 hari) – Rp 1.500.000
  • Kulit pangsit (3 kg x Rp 8.000/kg x 50 hari) – Rp 1.200.000
  • Gas 3kg (5 tabung x Rp 17.000/tabung x 30 hari) – Rp 2.550.000
  • Gaji karyawan/bulan – Rp 700.000

Total biaya tetap lainnya = Rp 23. 200.000

– Total biaya operasional selain investasi = Rp 23.316.250

– Estimasi pemasukan dan keuntungan usaha/bisnis bakso :

Penjualan bakso setiap bulan – 100 porsi x 15.000 x 30 hari = Rp 45.000.000
Keuntungan/ laba bersih perbulan – Rp 45.000.000 – 23.316.250

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai peluang dan prospek usaha penjualan bakso keliling yang telah kita ketahui bersama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung.

Dari hasil seperti diatas, jika anda masih ingin meningkatkan hasil penjualan bakso keliling, maka tentu saja bisa. Ada cara untuk meningkatkan hasil penjualan bakso keliling yaitu antara lain :

a. Buatlah bakso anda semenarik mungkin

Misalnya yaitu dengan membuat bakso dengan ukuran yang lebih besar dan sangat kenyal. Selain itu berilah isi bakso dengan isi yang menarik misalnya didalamnya diisi dengan telur, atau daging. Dengan keunikan bakso yang kita buat tersebut maka akan banyak orang yang membelinya.

b. Carilah pelanggan sebanyaknya-banyaknya

Contohnya adalah dengan anda mendatangi area sekolah. Karena bisanya disekolah banyak sekali orang khususnya anak-anak sekolah. Dan biasanya anak-anak sangat suka dengan bakso maka jika anda berjualan di area sekolah anda akan menemukan banyak pelanggan.

c. Jika anda baru membuka usaha ditempat anda

Maka untuk mendapatkan pelanggan anda harus menyebarkan brosur. Cara ini agar orang-orang tahu bahwa anda sedang menjual bakso. Karena biasanya banyak orang yang kurang tahu jika baru pembukaan awal. Untuk itu cara menyebar brosur bisa anda lakukan untuk memperkenalkan usaha anda tersebut.

d. Kunjungi tempat yang banyak orangnya

misalnya sekolah, pasar atau tempat kerja atau tempat lainnya. karena tempat tersebut biasanya sering didatangi banyak orang. Jika banyak orang yang datang ke tempat tersebut maka banyak pula orang yang tahu usaha anda tersebut, dan pasti banyak pula orang yang membeli bakso anda.

Itu beberapa cara dalam melakukan usaha bakso agar bisa mendapatkan keuntungan. Dengan anda menerapkan strategi tersebut maka keuntungan dari usaha bakso bisa anda dapatkan. Jadi jika anda ingin mendapatkan keuntungan, anda harus banyak berusaha untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan beberapa hal seperti diatas.

Untuk melakukan usaha bakso maka alangkah baiknya anda melakukan usaha bakso secara keliling terlebih dahulu sebelum membuat warung. Karena dengan secara keliling kita tidak akan mengeluarkan modal yang banyak. Dengan modal yang kecil kita sudah bisa membuka usaha bakso. jadi sebelum membuka warung bakso sebaiknya awal membuka usaha dengan melakukannya secara keliling. Dari keuntungan hasil penjualan bakso keliling nantinya dapat kita kumpulkan untuk membuka warung bakso. Maka dalam melakukan usaha bakso keliling kita harus mampu meningkatkan keuntungan penjualan bakso keliling. Jika kita bisa meningkatkan keuntungan penjualan bakso keliling maka kita juga dapat membuka warung bakso yang kita inginkan.

Untuk memulai usaha bakso keliling maka langkah pertama kita harus menyiapkan modalnya. Modal yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha bakso keliling tidaklah banyak, anda cukup menyiapkan dana sekitar Rp 3000.000 saja maka anda sudah dapat membeli perlengkapan dan peralatan untuk usaha bakso keliling anda. selain modal yang harus anda persiapkan anda juga harus menyiapkan peralatan dan juga perlengkapannya, misalnya adalah gerobak, wajan dan lain sebagainya.

Jika anda ingin melakukan usaha bakso keliling maka anda harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Modal untuk melakukan usaha bakso keliling tidaklah banyak, karena anda tidak harus menyiapkan berbagai kebutuhan untuk usaha bakso anda tersebut. sebab usaha bakso keliling ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan jualan bakso di warung. Untuk membuka bakso keliling maka anda hanya perlu menyiapkan modal sekitar 3-5 juta. Dengan modal tersebut maka kita sudah dapat membeli bahan, perlengkapan dan peralatan untuk usaha bakso keliling tersebut. jika dibandingkan dengan usaha warung bakso, anda harus mengeluarkan lebih banyak yaitu sekitar 20 juta. Untuk itu jika anda ingin melakukan usaha bakso, lebih baiknya lakukan secara keliling terlebih dahulu baru membuka warung bakso.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berjualan bakso dapat dikatakan besar. karena keuntungan tiap hari dari jualan bakso bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Coba bayangkan jika anda menjual bakso dengan harga Rp 8000 rupiah/porsi dan anda menjual bakso sebanyak 50 porsi. Jika seandainya bakso yang anda jual tersebut habis semua maka tentunya keuntungan yang anda dapatkan adalah Rp 400.000. Jadi anda bisa mendapatkan keuntungan tiap hari sekitar Rp 400.000. tentu dalam hal ini kita bisa mendapatkan keuntungan lebih. Jika tiap hari saja kita mendapatkan keuntungan seperti diatas maka tiap bulan kita bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Namun keuntungan yang kita dapatkan tersebut juga dari cara kita melakukan usaha bakso yang benar. Jika kita bisa melakukan usaha dengan strategi yang benar maka tentu keuntungan bisa kita dapatkan juga bioa besar. jadi dalam melakukan usaha bakso kita harus tahu strategi dalam mendapatkan keuntungan. Karena dalam setiap usaha pasti ada yang namanya strategi.

Salah satu strategi untuk bisa mendapatkan keuntungan adalah dengan melakukan sistem agen. Hal ini dilakukan jika anda ingin mendapatkan keuntungan lagi yang mungkin jauh lebih besar maka anda bisa melakukannya dengan cara usaha bakso dengan sistem agen. Maksudnya dengan cara sistem agen adalah kita bekerjasama dengan agen-agen penjual bakso lainnya. seperti misalnya adalah anda menjual bakso anda tersebut pada penjual bakso lainnya atau kepada penjual jajanan lainnya sebagai pelengkap jajanan mereka. dengan sistem ini maka anda juga bisa mendapatkan keuntungan dalam usaha bakso. Justru dengan usaha bakso dengan sistem ini kita akan lebih cepat mendapatkan keuntungan. Namun untuk melakukan sistem ini kita harus melakukan beberapa hal, karena dengan cara ini bisa membuat usaha bakso anda mengalami peningkatan keuntungan penjualan yang cepat.

Tetapi sistem ini jarang dilakukan oleh para usaha bakso, karena sistem ini tidak berlaku untuk bakso sebenarnya. Namun tidak salahnya jika anda ingin melakukan sistem ini untuk usaha bakso anda tersebut. karena sistem ini sangat membantu dalam melakukan semua usaha termasuk usaha bakso. Dengan cara ini juga anda akan lebih cepat mendapatkan keuntungan, dan bahkan anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jadi lakukanlah sistem ini dalam usaha anda tersebut agar anda dapat keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat

Dari penjelasan diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa melakukan usaha somay keuntungannya sangatlah besar. selain itu dari keuntungan tersebut maka kita masih bisa meningkatkan keuntungan penjualan kita dengan sistem agen. Hal ini juga terjadi oleh salah satu pelaku usaha somay yang bisa mendapatkan keuntungan besar dari usaha somay. Kesuksesan orang tersebut tentu tidak mudah didapatkannya