Kenapa Marketing Bagian Penting dalam Bisnis?

Kenapa Marketing Bagian Penting dalam Bisnis? - Marketing atau pemasaran adalah salah satu elemen paling mendasar dalam pengoperasian usaha kecil. Tanpa kehadiran dan reputasi yang mapan yang dinikmati oleh bisnis yang lebih besar, promosi dan pengiklanan keterampilan atau layanan bisnis kecil Anda – dengan cara yang inovatif, menarik dan khas – sangat penting bagi kesuksesan dan umur panjang perusahaan Anda.

Bagi banyak pemilik usaha kecil, ini terdengar bagus dalam praktiknya, namun tidak mungkin dicapai karena kurangnya pengetahuan dan ketrampilan pemasaran. Tapi ini adalah bidang penting bisnis Anda untuk berkonsentrasi. Anda mungkin pelukis terbaik atau pelatih pribadi, tapi jika tidak ada yang tahu tentang keahlian Anda, siapa yang akan mempekerjakan Anda?


Kenapa Marketing Bagian Penting dalam Bisnis?


Kemungkinannya adalah jika Anda cukup berani untuk memulai usaha bisnis Anda sendiri, maka dengan sedikit pelatihan Anda akan memperoleh keterampilan pemasaran dalam waktu singkat. Dan kabar terbaiknya adalah bahwa dengan berbagai kursus pendidikan online yang ada saat ini, Anda tidak perlu berkomitmen pada universitas atau situasi belajar tatap muka untuk mendapatkan keterampilan itu. Jangan salah sangka – tidak ada yang salah dengan siswa usia dewasa. Tapi begitu Anda lulus rata-rata usia siswa, motivasi untuk kembali ke universitas bisa sulit dikerahkan. Kursus pendidikan online menawarkan keuntungan untuk mempelajari keterampilan baru pada waktu Anda sendiri dari kenyamanan rumah Anda sendiri – atau di manapun di mana ada komputer dan koneksi internet.

Jika ini terdengar menarik bagi Anda, mulailah mencari kursus maketing, marketing class, workshop marketing baik dalam bisnis online maupun konvensional. Kelas-kelas inilah yang akan membantu bisnis Anda menonjol sebagai sebuah brand bahkan jika Anda menggunakan anggaran pemasaran yang cukup terbatas.


Kursus marketing bisnis akan membantu mengajarkan keterampilan dalam:

  • Strategi pemasaran
  • Jaringan
  • Riset pasar
  • Analisis konsumen
  • Presentasi

Berinvestasi dalam keterampilan pemasaran Anda akan memastikan kegiatan branding dan iklan bisnis Anda efektif dan kompetitif.  Sebuah kutipan dari Bapak Marketing Dunia, Philip Kotler, mengungkapkan betapa pentingnya marketing dalam sebuah perusahaan. “The sales department isn’t the whole company, but the whole company better be the sales department.” (Philip Kotler).