Tips Memilih Pekerjaan Pertama Kali Khusus Fresh Graduate

Tips Memilih Pekerjaan Pertama Kali Khusus Fresh Graduate – Segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah gambaran sebagian besar anak muda. Memiliki bayangan tentang perusahaan besar dengan posisi yang pantas dengan jurusan kuliah tentu sangat umum terlintas di benakmu.

Mungkin saja anda sudah memiliki target beberapa perusahaan yang akan menjadi tempat kerja anda kelak. Di mana anda kan merintis karir dan masa depan yang sukses. Tidak ada yang salah dengan keinginan seperti itu tetapi tidak selalu mudah untuk mencapainya bukan?

Persaingan dunia kerja sangat ketat, anda kan bertemu banyak pelamar yang memiliki kriteria lebih baik. Tentu anda harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan posisi dan tempat yang anda impikan sejak lama. Jika tidak ujung diterima, memilih pekerjaan yang lain juga tidak ada salahnya.

Kenyataannya mendapatkan pekerjaan bukanlah perkara yang mudah. Maka alasan inilah anda harus lebih bersikap fleksibel untuk memilih. Jangan hanya fokus pada bidang yang sesuai ijazah saja, sebab rejeki justru berada di bidang lainnya.

Tips Memilih Pekerjaan Pertama Kali Khusus Fresh Graduate


Cara Memilih Pekerjaan Pertama Kali

Nih ada tips memilih pekerjaan pertama kali, jangan Cuma terpaku pada ijazah anda. Sekarang pekerjaan lebih membutuhkan skill dan usaha keras.


Mendapatkan lebih banyak peluang

Melamar pekerjaan yang sesuai dengan ijazah hanya akan membuat anda rugi sendiri. Anda hanya akan mendapatkan sedikit lowongan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah yang anda ambil. Sementara di luar sana ada banyak pelamar yang membutuhkan posisi tersebut. Bisa dilihat tingkat persaingan yang tinggi bahkan akan semakin sengit, terlebih kalau anda mengambil jurusan yang paling banyak diminati.

Dalam kondisi tertentu akan berbeda kalau anda melamar pekerjaan yang tidak mementingkan latar belakang pendidikan tertentu untuk mendapatkan posisi tersebut. Tentu akan mendapatkan lebih banyak lowongan pekerjaan sekaligus membawa anda ke persaingan yang lebih rendah. Artinya peluang anda bisa mendapatkan pekerjaan akan semakin besar ke depannya.


Rezeki bisa datang tanpa diduga

Selama ini anda sudah membayangkan kalau sebuah pekerjaan akan menjadi pintu rezeki anda, hal yang belum tentu tidak bisa dipastikan. Tidak akan ada yang pernah tahu dari mana rezeki itu datang, meski anda sudah merencanakannya. Tidak perlu fokus pada impian anda untuk sukses di bidang tertentu sementara anda mengabaikan rezeki yang lainnya.

Melamar pekerjaan hanya pada jurusan yang anda ambil saat kuliah, tentu anda akan melewatkan banyak peluang rejeki di bidang lainnya. Kalau anda seperti ini akan banyak kesempatan yang hilang untuk mendapatkan rejeki yang banyak. Jadi tidak perlu sungkan untuk melamar di bidang yang berbeda, sebab rezeki anda bisa ada di mana saja bahkan di bidang yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Tidak perlu sungkan untuk melamar di bidang yang berbeda, sebab rezeki ada di mana saja bahkan dibidang yang tidak pernah anda temui sebelumnya.


Jangan abaikan bakat serta minat

Tidak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan yang diminati, barang kali anda salah satunya. Mungkin saja anda telah mengabaikan minatmu dan hanya fokus pada jurusan kuliah saja termasuk dalam melamar pekerjaan. Di dunia nyata mendapatkan pekerjaan berdasarkan jurusan kuliah Anda tidak selalu mudah.

Tak kunjung mendapatkan pekerjaan maka mulailah melihat kembali bakat dan minat yang anda miliki. Bisa memanfaatkan dua poin ini untuk menemukan kesempatan bekerja di luar belakang pendidikan anda. Bahkan banyak pekerja yang tidak sesuai dengan pendidikan mereka, jadi perlu pertimbangkan pilihan ini sebagai jalan pekerjaan.


Menganggur lama akan membuatmu tidak punya pemasukan

Apa kabar keuangan? Kalau tidak segera mendapatkan pekerjaan maka akan krisis dan sakit. Salah satu pertimbangan mengapa tidak apa memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan anda. Hanya menganggur saja maka tabungan anda akan menipis atau habis. Meminta uang sudah bukan prinsip bagi manusia dewasa.

Ubah pola pikir anda, daripada menjadi beban orang tua setidaknya anda bisa mendapatkan peluang pekerjaan di bidang lainnya bisa sedikit membantu beban orang tua. Sela waktu anda, tetap bisa mencari pekerjaan lain yang lebih tepat dan sesuai dengan keinginan anda.


Bersikap positif dan mengembangkan diri secara maksimal

Ada banyak perasaan yang membuat anda merasa cemas dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang anda. Wajar saja ini anda rasakan, tapi akan hilang seiring dengan berlalunya waktu. Anda sudah terjun menekuni sesuatu yang berbeda maka tetap positif dan berikan kemampuan terbaik anda.

Ambil hal positifnya, anda bisa mengembangkan diri anda di bidang lain, bahkan lebih ahli dalam bidang tersebut. Kalau anda konsisten dan mau belajar lebih baik lagi maka kesuksesan tentu bisa datang dari semua bidang.


Enggak Mau Menganggur, Temukan Pekerjaan yang Tepat dalam Waktu Cepat

Kesimpulannya, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan sudah menjadi impian sejak lama. Akan tetapi tetaplah fleksibel dengan keadaan terutama anda belum bisa mendapatkan impian tersebut. Tidak buruk memilih pekerjaan di bidang lainnya, agar anda bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dalam waktu yang sudah ditentukan.

Mengembangkan diri dalam bidang lain bisa menjadi skill tambahan anda yang sudah anda kuasai lebih dari yang anda pelajari pada masa kuliah.

Yuk, Join agen pulsa murah gratis di Family Pulsa. Daftar sekarang juga !