7 Rahasia Bisnis Pulsa Sukses dan Berkah

Setiap orang yang berbisnis pasti menginginkan bisnis yang dijalankannya sukses dan membawa keberkahan. Akan tetapi, kenyataannya banyak orang yang menjalani bisnis secara asal-asalan. Hasilnya, bisnis yang dibangun tidak bertahan lama. Demikian juga dengan berjualan pulsa. Meski tampak mudah, ada rahasia bisnis pulsa yang harus Anda ketahui agar sukses di bidang ini.

7 Rahasia Bisnis Pulsa Sukses dan Berkah


1. Pilih Distributor yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari distributor pulsa terbaik. Pastikan distributor tersebut memiliki reputasi yang baik, layanan yang ditawarkan lengkap, dan mudah dihubungi jika ada keluhan dari pelanggan.

Dalam hal ini, Family Pulsa memenuhi kriteria tersebut karena dapat melayani konsumen selama 24 jam melalui website, Telegram, SMS, WhatsApp, dan aplikasi. Selain itu distributor ini juga menyediakan fasilitas pendaftaran dan reply SMS gratis bagi agen.

2. Tentukan Harga Jualnya 

Setelah memperoleh distributor, selanjutnya tetapkan harga jual pulsa Anda. Cara menetapkannya yaitu dengan memperhitungkan harga beli, biaya operasional, keuntungan yang ingin Anda dapatkan, dan perbandingan harga pasar.

Cara membandingkan bisa dilakukan melalui riset di internet ataupun melihat-lihat daftar harga pulsa secara langsung di konter-konter sekitar. Anda boleh saja menetapkan harga di atas pasaran, tetapi harus memberikan layanan yang lebih baik. Sebaliknya, jika ingin menurunkan harga, jangan sampai keuntungan Anda jadi sangat kecil.

3. Buat Target Pendapatan 

Banyaknya transaksi yang Anda lakukan menentukan besarnya keuntungan. Setelah menetapkan margin per transaksi, buatlah target bulanan kemudian pecahkan ke target harian. Misalnya, jika dalam sebulan Anda ingin memperoleh Rp2.000.000 dari bisnis ini sementara keuntungan per transaksi ialah Rp1.000, maka dalam sebulan harus mencapai 2.000 transaksi. Dibagikan 30 hari, maka target sehari ialah sekitar 65-70 transaksi. Jika sudah mempunyai target, berusahalah mencapainya.

4. Jaga Saldo Deposit Anda

Salah satu rahasia bisnis pulsa sukses ialah jangan sampai kehabisan saldo deposit. Tetapkan saldo minimal yang harus dimiliki untuk melakukan penambahan. Jika saldo sampai habis, Anda tidak dapat melayani pelanggan yang membeli pulsa. Hasilnya pelanggan pun akan mencari penjual pulsa lain. Apabila ini terjadi berulang-ulang, lama-lama pelanggan Anda semakin berkurang.

5. Mudah Dihubungi

Banyak orang baru saja mengisi pulsa ketika benar-benar habis. Tak peduli siang ataupun malam, biasanya mereka langsung mencari penjual pulsa. Oleh sebab itu, Anda harus dapat dihubungi dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Jika memungkinkan, jam operasional bisa diperpanjang sampai malam hari. Namun, kadang orang yang membeli saat larut malam tidak dapat langsung membayar. Maka, pastikan pembayaran dilakukan pada waktu yang disepakati.

6. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan adalah salah satu pertimbangan pembeli kembali kepada Anda atau tidak. Jika pelayanan bagus, mereka akan menjadi pelanggan setia. Jadi, layani pembeli sebagai sahabat berusaha mengenali kebutuhan mereka, bertindak cepat ketika terjadi kesalahan, dan sesekali memberikan keistimewaan bagi mereka.

7. Pahami Cara Mengelola Keuangan

Rahasia yang terakhir adalah tentang pengelolaan keuangan. Banyak pebisnis yang memperoleh banyak transaksi, tetapi tidak mengantongi hasil. Jangan sampai ini terjadi kepada Anda. Maka, buatlah catatan transaksi yang berisi tanggal, nomor transaksi, nama pembeli, jumlah transaksi, sisa saldo, dan keterangan pembayaran lunas atau utang. 

Setelah itu, buat rekap mingguan atau bulanan. Dengan pencatatan yang rapi, Anda bisa memantau kemajuan bisnis dan besarnya pendapatan setiap periodenya.

Tidak sulit berbisnis pulsa jika Anda sudah mengetahui rahasia bisnis pulsa di atas. Tentunya tidak hanya sekadar tahu, tetapi juga menjalankannya. Caranya dimulai dari mendaftar sebagai master dealer Family Pulsa. Di sini Anda akan memperoleh fasilitas berupa aplikasi untuk transaksi, web report, dan customer service yang selalu siap membantu. Tunggu apa lagi? Registrasi sekarang juga ya?