Tips Memilih Antara Hobi Atau Pekerjaan

Tips Memilih Antara Hobi Atau Pekerjaan - Memang terkadang kita sering kesusahan membedakan antara hobi dan pekerjaan. Karena kedua hal tersebut hampirlah sama. Terkadang ada hobi dijadikan sebagai suatu pekerjaan, begitupun dengan pekerjaan yang justru dijadikan sebagai suatu hobi. Hal ini sebenarnya tergantung dari setiap individu menjadikan apa hobi mereka dan pekerjaan mereka. namun pada dasarnya sebenarnya hobi tidak bisa dijadikan sebagai pekerjaan, begitupun dengan pekerjaan yang tidak bisa dijadikan sebagai hobi.

Tips Memilih Antara Hobi Atau Pekerjaan

Namun meskipun pada dasarnya seperti itu masih ada juga beberapa orang yang membalikkan antara hobi dengan pekerjaan yang sebenarnya sebagai suatu hal yang sering dilakukan dan antara suatu hal yang mesti dilakukan. Namun ada beberapa hobi yang dapat dijadikan sebagai suatu pekerjaan, yaitu antara lain :

1. Menulis

Jika anda hobi menulis maka kebiasaan anda tersebut bisa anda jadikan suatu pekerjaan. Misalnya menjadi penulis artikel, atau surat kabar yang dimuat di web atau secara online. Sebenarnya jika kita lihat, menulis merupakan salah satu hobi yang biasa dilakukan bagi para pelajar atau mahasiswa. Namun hobi ini bisa dijadikan sebagai suatu pekerjaan yang dapat menghasilkan uang.

2. Mengarang

Mengarang sama dengan halnya dengan menulis. Mengarang merupakan suatu hobi yang biasa dilakukan setiap orang. Namun hobi ini bisa dijadikan juga suatu pekerjaan. Misalnya anda mengarang sebuah buku atau cerita kemudian dimuat dalam sebuah buku cerita atau skenario. Dalam hal ini anda bisa jadikan hobi anda tersebut sebagai penghasil uang.

3. Memasak

Mungkin kegiatan ini sering dilakukan oleh kebanyakan wanita khususnya bagi para ibu-ibu. Namun tidak sedikit juga laki-laki yang banyak melakukan kegiatan ini. memasak sebenarnya juga merupakan suatu hobi yang sering dilakukan oleh setiap wanita, namun hobi ini juga bisa dijadikan sebagai suatu pekerjaan yang bisa menghasilkan uang. Misalnya adalah jika anda membuka catering atau membuat aneka makanan dan kemudian dijual. Tentu untuk melakukan semua itu memerlukan keahlian memasak, dengan anda mempunyai hobi tersebut maka anda bisa jadikan hobi yang menghasilkan uang.

4. Menggambar

Menggambar juga merupakan salah satu hobi. Bahkan hobi ini merupakan hobi yang sudah kita miliki sejak kecil. Jenis hobi yang seperti ini juga dapat kita manfaatkan sebagai penghasil uang. Karena dengan hobi kita tersebut kita dapat menggambar dan melukis berbagai hal yang indah kemudian hasil kita bisa kita jual dan pamerkan. Padahal harga lukisan yang berharga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Jadi kita bisa memanfaatkan kebiasaan kita tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

5. Memancing

Kegiatan ini juga merupakan suatu hobi yang biasa dilakukan oleh setiap laki-laki saat melepas jenuh. Namun perlu anda ketahui bahwa hobi anda seperti ini juga bisa anda jadikan sebagai suatu pekerjaan. Karena dengan kebiasaan memancing anda tersebut anda bisa menjadi seorang nelayan.

Itu beberapa jenis hobi yang dapat dijadikan sebagai suatu pekerjaan. Ada juga pekerjaan yang dijadikan sebagai hobi yaitu antara lain :

1. Melawak

Melawak merupakan suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan untuk menghibur seseorang. Biasanya kita melihat seorang melawak yaitu berada di Tv, mereka melawak karena mereka bekerja sebagai pelawak yaitu menghibur. Namun pekerjaan ini bisa anda jadikan sebagai hobi anda. karena tugas untuk menghibur itu merupakan hal yang bisa dilakukan siapa saja yang memiliki nilai humor tinggi.

2. Menyanyi

Menyanyi juga merupakan suatu pekerjaan, namun kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai hobi.

Itu beberapa jenis pekerjaan yang bisa anda jadikan sebagai hobi. Dari perbedaan di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya antara hobi dan pekerjaan hampirlah sama. Ada beberapa perbedaan antara hobi dan juga pekerjaan, perbedaan tersebut yaitu :
  • Hobi tidak sering dilakukan, sedangkan pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan.
  • Hobi hanya untuk bersenang-senang, sedangkan pekerjaan untuk mendapatkan hasil.
  • Hobi hanya bertahan sebentar, sedangkan pekerjaan dapat bertahan lama.