Peluang Bisnis Daur Ulang Kertas Bekas Yang Menguntungkan

Peluang Bisnis Daur Ulang Kertas Bekas Yang Menguntungkan :  Ternyata kardus dan kertas bekas yang sudah tidak terpakai dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membuat kemasan yang unik dan menarik. Yang menarik dari kegiatan bisnis yang satu ini adalah kecilnya modal yang dikeluarkan oleh pengelola bisnis.

Peluang Bisnis Daur Ulang Kertas Bekas Yang Menguntungkan

Bisnis Daur Ulang Kertas Bekas

Modal yang diperlukan hanya sedikit karena modal lebih banyak berupa kardus bekas yang bisa didapatkan di mana saja. Bahan baku kardus yang sudah terkumpul lalu dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan untuk kemudian digunakan untuk membuat kemasan unik.

Produk kemasan yang sudah jadi rata-rata memiliki tinggi sekitar 20 cm dan lebar 10 cm. kemasan ini dapat dimanfaatkan sebagai penyimpan benda-benda yang ukurannya lebih kecil daripada kemasan agar tersimpan dengan aman dan rapih. Pada bagian atas kemasan ditutup dengan kertas yang memiliki tekstur kasar. Mungkin bagi orang yang tidak melihat proses pembuatannya mengira bahwa tutup kemasan yang bertekstur kasar ini terbuat dari serbuk gergaji. Padahal bukan.

Tutup kemasan yang bertekstur kasar terbuat dari limbah berbagi jenis kertas seperti kertas koran dan juga campuran limbah-limbah lainnya seperti kulit bawang, pelepah pisang, daun-daun yang sudah kering, dan masih banyak jenis limbah lainnya. semua jenis limbah ini kemudian dicampurkan dengan bubur kertas. Fungsi lain dari limbah-limbah ini selain sebagai pemberi tekstur kasar pada permukaan tutup kemasan adalah sebagai pengikat.

Berkat kreativitas yang luar biasa ini, kertas-kertas bekas dan sampah-sampah lainnya yang awalnya dianggap remeh, kini dapat diolah dan dijual sehingga menghasilkan banyak uang. Sebagai perbandingan saja, harga bahan baku kertas bekas yang hanya Rp.1.500 hingga Rp. 2.000 per-kilo gram-nya dapat berubah nilainya menjadi Rp.25.000 per lembar kertas daur ulang.

Anda hanya perlu menambahkan pewarna saja untuk memberikan kesan menarik pada kertas hasil daur ulang. Bagaimana, sangat menggiurkan, bukan? Untuk 1 kg kertas bekas saja dapat diolah menjadi 75 lembar kertas daur ulang. Anda bisa bayangkan berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan bila 1 lembar kertas daur ulang saja diberandol dengan harga Rp.25.000.