Cara Mengatur Modal Usaha Bagi Pemula Bisnis

Cara Mengatur Modal Usaha Bagi Pemula Bisnis – Bisnis bisa menjadi besar karena di awali dengan pengelolaan modal yang tepat. Modal usaha merupakan komponen yang perlu diperhatikan untuk menjaga keuangan usaha tetap stabil bahkan mengalami peningkatan yang signifikan. Tapi banyak pengusaha yang akhirnya menutup bisnisnya karena tidak tahu bagaimana mengelola keuangan dengan benar.

Tidak ada cara yang pasti bagaimana mengelola modal usaha dengan baik dan tepat. Sebab setiap bidang bisnis memiliki aturan pengelolaan modal sendiri. Lalu bagaimana cara dasar yang efektif untuk awal mengelola usaha? Bagi yang masih pemula bisa simak ulasan di bawah ini agar bisnis dapat berjalan lancar meski modal yang dipunya kecil sekalipun.


Arjuna Pulsa, Family Pulsa, Cara Mengatur Modal Usaha Bagi Pemula Bisnis


Cara Mengatur Modal Usaha Bagi Pemula


Membuat Rekening Terpisah

Meski anda memulai dengan usaha kecil, tapi tidak ada salahnya untuk memisahkan keuangan usaha dan keuangan pribadi. Hal ini diperlukan untuk membantu anda mencatat pengeluaran dan pemasukan usaha dengan lebih terperinci dan akurat. Serta membantu anda mengelola kas dengan baik. Membuat rekening khusus untuk usaha nada, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi masalah keuangan, uang pribadi tidak akan tercampur dengan modal usaha anda.


Fokus Pada Satu Bisnis

Pilih satu bidang saja yang anda tekuni. Jangan terlalu cepat untuk menambah usaha lain, jika target belum tercapai. Hal ini dapat mempengaruhi keadaan modal usaha anda dan akan terjadi ketidakstabilan keuangan. Fokus anda akan terpecah sehingga bisnis yang sedang dijalani tidak akan berjalan dengan lancar.


Kurangi Berutang

Jeratan hutang membuat bisnis tidak akan berjalan dengan lancar bahkan tidak akan mampu bertahan lama. Anda baru mulai bisnis, maka hindari meminjam uang untuk hal yang tak begitu penting. Seperti untuk membeli transportasi khusus pesan antar. Kalau dagangan masih bisa diakses lewat pos atau jasa Gojek atau Grab Bike maka hal semacam itu tidak perlu.


Penghasilan yang belum memadai jangan sampai ada tunggakan hutang. Sebaiknya kembangkan usaha dengan modal usaha yang dimiliki dahulu, setelah dirasa cukup mampu tidak ada salahnya untuk tambahan modal. Hutang adalah hal yang sangat berisiko. Periksa dengan jelas dan benar, jangan sampai anda mengalami penipuan dengan lintah darat sebab kurang ketelitian anda.


Melakukan Konsultasi

Tips untuk bisnis umur panjang adalah mengetahui saran dan komentar yang diberikan keluarga, sahabat, bahkan rekan bisnis. Kalau bisa berkonsultasi dengan kenalan yang lebih berpengalaman, terutama konsultan keuangan. Masih galau dengan urusan biayanya, bisa bertanya pada teman atau keluarga yang sudah terjun dalam membuka bisnis sendiri.


Memonitor Arus Keuangan

Semua berjalan dengan lancar terutama dalam hal penghasilan, maka semua kewajiban bisnis akan terpenuhi. Kalau ada yang tidak lancar, berarti ada yang salah dengan cara anda mengatur modal selama ini. Bisnis yang sudah besar memiliki anggaran tahunan, pebisnis pemula yang skala kecil menengah justru sering melakukannya. Contohnya anggaran per bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Dari anggaran tersebut anda bisa mengetahui arus keuangan untuk bisnis anda.


Nah intinya anda bisa memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis. Tidak ada campur aduk. Semua ada tempatnya sendiri-sendiri. Seiring waktu usaha anda menjadi besar, maka akan lebih banyak cara mengatur keuangan usaha yang lebih spesifik dalam bidangnya.